Senin, 09 Maret 2009

Ajak Ulama dan Umat Kembali ke Parpol Islam

PARTAI POLITIK
Diunduh dari Harian KOMPAS, Kamis, 19 Februari 2009
http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/02/19/0010470/ajak.ulama.dan.umat.kembali.ke.parpol.islam


Jakarta, Kompas - Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin mengajak ulama dan umat Islam yang berada di partai sekuler untuk kembali ke partai politik Islam. MUI tak mungkin mengeluarkan fatwa agar umat Islam memilih parpol berasaskan Islam. Namun, ia sebagai pribadi bisa menganjurkan untuk memilih partai Islam.

Hal itu dikatakan Ma’ruf pada Forum Kajian Sosial Kemasyarakatan Ke-45 di Jakarta, Rabu (18/2). Pertemuan yang mengangkat tema ”Fatwa Golput dan Peluang Partai Islam” ini, antara lain, menghadirkan pembicara Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPR Lukman Hakim Saefudin dan Ahmad Sumargono dari Partai Bulan Bintang.

”Partai Islam yang memperjuangkan Islam tak akan kekurangan pendukung. Peluangnya tetap besar, apalagi kita tahu Indonesia mayoritas umat Islam. Mereka masih ada yang fanatik dan tak peduli program, pokoknya partai Islam akan didukungnya,” ujar Ma’ruf.

Namun, Ma’ruf mengingatkan pula bahwa masih banyak Muslim di Indonesia yang berpikir rasional. Pada kelompok inilah partai Islam harus bisa meyakinkan mereka bahwa Islam itu betul-betul rahmatan lil’alamin (rahmat bagi semesta alam)

Menurut Ma’ruf, parpol Islam harus menggalang soliditas. Partai Islam selama ini seperti limbung sehingga umat Islam juga jangan mudah terprovokasi menjadi golput, yang akhirnya tak menempatkan Muslim di DPR.

Ma’ruf juga prihatin dengan partai Islam yang meragukan prinsip keislaman, bahkan mencoba ke tengah. Partai Islam yang seharusnya menjadi partai dakwah tak seharusnya terbawa suasana masyarakat, dan seharusnya mengubah masyarakat.

Sumargono mengatakan, partai Islam tidak terikat pada menang atau kalah, tetapi memperjuangkan kebenaran. (mam)

[ Kembali ]

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju, partai Islam jangan ambil jalan tengah, tapi jalan lurus alias shiratal al-mustaqim, biar selamat dunia akhirat! : )

http://sinauislam.wordpress.com/2009/03/01/keutuhan-dan-kesempurnaan-islam/